HOME

Senin, 09 Mei 2011

Penyebab crash pada komputer


Kasus: Saat booting, tiba-tiba tidak merespon lalu muncul pesan error.

Diagnosa: Setting BIOS tidak benar dan mengalami error. Atau bisa juga tidak ditemukan OS yang bisa di-load oleh system.

Solusi:  Setting ulang BIOS yang error tadi, biasanya ditunjukan dimana error-nya. Baca dengan teliti keterangan yang muncul. Periksa juga kesehatan PC terutama menyangkut voltage.

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Kasus: Booting secara berulang-ulang.

Diagnosa: Kemungkinan terjadi kerusakan di RAM. Juga bisa disebabkan sudah lemah atau tidak stabilnya PSU yang digunakan. Atau bisa juga karena udara dalam casing terlalu panas (overheat).

Solusi: Periksa dengan teliti kesehatan PC dengan tool atau aplikasi tambahan seperti RightMark CPU clock dan RightMark Memory Analizer untuk melihat sejauh mana RAM pada sistem PC bekerja.  Sementara untuk mengetahui suhu dan kecepatan fan gunakan aplikasi ATI Tool. Semua aplikasi ini gratis dan mudah digunakan.

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Kasus: PC tiba-tiba crash setelah bekerja cukup lama.

Diagnosa: Biasanya masalah klasik pada suhu yang overheat dan banyak terjadi pada processor dan video card.

Solusi: Masalah dapat diatasi dengan membersihkan heatsink CPU atau video card tersebut. Ganti jika terjadi kerusakan, atau bersihkan jika hanya kotor karena debu. Jika perlu tambahkan fan tambahan untuk menjaga suhu dalam casing tetap dingin. Selain itu periksa juga kecepatan putar fan dan penunjuk suhu pada BIOS.

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Kasus: PC yang berjalan normal kemudian melambat saat melakukan load yang tinggi, misalkan menonton DVD atau bermain game 3D.

Diagnosa: Biasanya terjadi akibat permasalahan suhu dan power supply, dimana aplikasi yang membutuhkan load tinggi akan memakan resource hardware yang tinggi juga. Hal itu akan menguras daya dari PSU dan membuat video card bekerja ekstra keras yang menyebabkan habisnya daya dari PSU dan chipset video card menjadi jauh lebih panas suhunya (overheat).

Solusi: Lakukan pengecekan voltage PSU pada BIOS, jika ini tidak bermasalah periksa kembali kemampuan video card kamu. Jika memang spesifikasinya tidak memungkinkan, jangan dipaksakan sebab hanya akan merusak video card kamu. Alangkah baiknya jika diganti dengan video card yang lebih bagus dan mendukung.

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Kasus: PC tiba-tiba hang, namun tidak lama kemudian normal kembali.

Diagnosa: Masalah bisa bersumber pada RAM kamu, apakah cukup besar apakah memang kurang. Dan juga masalah bisa terjadi karena hard disk.

Solusi: Lakukan pengecekan kapasitas memory dengan aplikasi Memtest yang dapat diunduh secara gratis. Jika yang digunakan sampai 80%, kamu perlu menambah fisik RAM tersebut. Standar RAM saat ini adalah 1GB. Selain itu masalah juga bisa terjadi akibat hard disk yang error pada saat read and write. Jika kasus diatas terjadi pada saat kamu memasukkan  CD/DVD, pastikan CD/DVD tersebut dalam keadaan bagus dan tanpa goresan yang dalam, jika diperlukan lakukanlah cleaning optical disk dengan media pembersih yang banyak dijual di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar